A.
PROFIL
SMAN 3 TARAKAN
SMA
Negeri 3 terletak di Jalan Pangeran Aji Iskandar, Perumahan KORPRI Kelurahan
Juata Kerikil Kecamatan Tarakan Utara. Wilayahnya termasuk ke dalam Kota
Tarakan Provinsi Kalimantan Timur. Kecamatan Tarakan Utara dikenal sebagai
kawasan industry, karena memiliki beberapa industry yang terletak di beberapa
kelurahan yang berupa : industry pengolahan kayu (PT. INHUTANI, PT. CHIPDECO, PT
INTRACA WOOD dan PT. ARTA); pengolahan ikan dan udang(PT. MISAYA); alat-alat
berat/workshop milik PT INHUTANI dan industry kerakyatan berupa pembuatan
perahu nelayan, penjemuran ikan tradisional, industry daur ulang, ayam potong,
batako. Kecamatan Tarakan Utara memiliki luas 10.936 ha. Jumlah penduduk di
Kecamatan Tarakan Utara adalah 17.152 jiwa (Sensus Penduduk tahun 2004),
terdiri dari laki-laki 9.502 jiwa dan perempuan 7.650 jiwa, dengan rata-rata
kepadatan 1 jiwa/ha.
Dengan
status akreditasinya A SMA Negeri 3
Tarakan berusaha mewujudkan apa yang
menjadi visi,misi dan tujuan sekolahnya.Visinya adalah “Terwujudnya sekolah yang
mampu mendidik dan melatih siswa menjadi insan yang taat beribadah, menguasai
ilmu pengetahuan dan teknologi, sehat jasmani dan rohani, berjiwa sosial dan
berbudaya” .
Dengan Misinya antara lain:
1. Menumbuhkembangkan
kesadaran seluruh warga sekolah untuk selalu disiplin dan berprestasi.
2. Melaksanakan pembelajaran yang
bermutu seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Melaksanakan kegiatan yang
meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
4. Mengusahakan tersedianya
sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
5. Mendorong OSIS untuk
melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang efektif sesuai dengan bakat dan
minat siswa.
6. Melaksanakan jalinan kerja
sama dengan lembaga pendidikan dan lembaga lainnya.
Masyarakat
Kecamatan Tarakan Utara sebagian besar berasal dari suku Tidung dan Torajadengan
mata pencaharian penduduk dari hasil perikanan dan nelayan (37%), jasa
perdagangan (32%), industry kecil (28%), sedangkan untuk pertanian, dan perternakan antara lain:
Tanaman sayur sayuran dan peternakan ayam potong.
Kondisi
social budaya masyarakat sekitar sekolah dan kebanyakan orang tua siswa sudah
memiliki pengetahuan yang cukup, bersahabat akrab dengan sekolah, agamis,
ekonomi menengah kebawah, dan memiliki semangat untuk maju. Lingkungan sekolah
secara fisik sudah mencukupi, lokasi cukup baik tidak pernah banjir, jauh dari
polusi maupun kebisingan, ruang ebbas (alam terbuka) cukup luas sehingga sangat
memenuhi syarat bagi peserta didik untuk mengembangkan olah raga, olah pikir,
olah hati, dan olah rasa.
Untuk
pengembangan wilayah, transportasi darat memang strategis dan dibutuhkan, namun
karena terletak di pinggir kota dan umumnya jauh dari pusat kota atau pusat
lingkungan maupun dari saran dan prasarana kota mengakibatkan tarif trasportasi
dan harga kebutuh sehari-hari relative mahal dan kurang memadai. Kondisi jalan
darat sudah baik berupa jalan aspal, namun sampai saat ini volume lalu lintas
kendaraan di wilayah Kecamatan Tarakan Utara cenderung masih rendah. Hal itu
disebabkan karena kondisi wilayah yang belum berkembang sehingga belum
membentuk pola bangkitan lalu lintas yang stabil. Lalu lintas kendaraan pada
umumnya beroperasi pada jalan-jalan poros kawasan denga intensitas yang masih
rendah yaitu Jl. P. Aji Iskandar, Jl. Aki Balak dan Jl. Aki Pinka, dengan jenis
kendaraan yang melintasi jalur-jalur jalan tersebut terdiri dari mobil pribadi,
angukatan umum, truck sedang maupun besar.
A.
Keadaan
Sekolah
1. Sarana
dan Prasarana
a. Tanah
dan Halaman
Keadaan Tanah Sekolah SMA Negeri
3 Tarakan
|
|
Status
|
:
Milik Negara
|
Luas
Tanah
|
:
-
|
Luas
Bangunan
|
:
1290 m2
|
b. Gedung
Sekolah
Bangunan sekolah pada umumnya dalam kondisi baik.
Jumlah ruang kelas untuk menunjang kegiatan belajar memadai.
Keadaan Gedung Sekolah SMA Negeri
3 Tarakan
|
|
Luas
Bangunan
|
:
1290 m2
|
Ruang
Kepala Sekolah/TU/Perpustakaan
|
:
1baik
|
Ruang
Guru
|
:
1baik
|
Ruang
BK
|
:
1baik
|
Ruang
Laboratorium IPA
|
:
1baik
|
Ruang
Laboraturim Komputer
|
:
1baik
|
Ruang
Laboratorium Bahasa
|
:
1baik
|
Ruang
Kelas
|
:
14baik
|
Ruang
Mushola
|
:
1baik
|
Ruang
OSIS/UKS
|
:
1baik
|
2. Anggaran
Sekolah
Anggaran
sekolah tahun pelajaran 2012/2013 berasal dari dana pemerintah. Alokasi
terutama diperuntukan untuk meunjang kegiatan proses belajar mengajar dan
kegiatan-kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, dan juga untuk memenuhi
kelengkapan sarana belajar peserta didik.
B.
Personil
Sekolah
SMA
Negeri 3 Tarakan didirikan tahun 2003.pimpinan sekolah yang pernah bertugas di
SMA Negeri 3 sejak awal berdirinya (2003) adalah :
NAMA
|
PERIODE TUGAS
|
1.Jaka Hartaya,S,Pd
|
Tahun 2003 s/d 2004 (Plh)
|
2.Dwi Sukristiono.S.Pd
|
Tahun 2004 s/d 2011
|
3.Sudarsono.S.Pd
|
Tahun 2011 sampai sekarang
|
Pendidik
di SMA N3 Tarakan rata-rata usia produktif dengan kualifikasi Sarjana Strata 1
(S1) sudah mencapai 96% dan Strata 2 (S2) mencapai 4%.pendidik yang sudah tersertifikasi
mencapai 20%,sedangkan pendidik yang bertempat tinggal dijuata kerikil ada
40%.Jumlah seluruh personil sekolah ada sebanyak 55 orang terdiri dari :
1.guru
45 orang
2.tata
usaha 6 orang
3.satpam 5 orang
4.clening
service 2 orang
5.tukang
kebun 1 orang
C.
Keadaan
Peserta Didik
1.
Jumlah Peserta Didik
Peserta
didik yang ada di SMA Negeri 3 Tarakan umumnya berasal dari wilayah kecamatan
Tarakan Utara.Jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2012 / 2013 seluruhnya
berjumlah 515 orang,persebaran jumlah peserta didik antar kelas merata.peserta
didik dikelas X ada sebanyak 6 rombongan belajar,peserta didik pada program
IPA dikelas XI ada sebnyak 2 rombongan
belajar,sedangkan pada program IPS ada 2 rombongan belajar,peserta didik di
kelas XII pada program IPA ada 2 rombongan belajar,sedangkan program IPS ada 2
rombongan belajar.
Jumlah peserta didik tahun
2012/2013
kelas
|
Laki-laki
|
perempuan
|
jumlah
|
X
|
78
|
138
|
216
|
XI-IPA
|
20
|
55
|
75
|
XI-IPS
|
29
|
49
|
78
|
XII-IPA
|
28
|
44
|
72
|
XII-IPS
|
26
|
48
|
74
|
jumlah
|
181
|
334
|
515
|
2.
Keadaan tidak naik kelas dan putus
sekolah / droup out
Peserta didik yang tidak naik kelas dan
angka putus sekolah(droup out ) peserta didik trnyata relative kecil setiap
tahunnya.data pada tahun pelajaran
2010/2011 dapat dilihat pada table di bawah ini :
Tidak
naik kelas,Tidak Lulus dan putus sekolah
Tahun
Ajaran 2011 / 2012
kelas
|
Tidak
naik
|
Tidak
lulus
|
Putus
sekolah
|
|||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
|
Kelas X
|
5
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Kelas XI IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Kelas XI IPS
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Kelas XII IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Kelas XII IPS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
D.
Komite Sekolah
Komite sekolah yang ada di SMA Negeri 3
Tarakan keberadaannya benafr-benar bermanfaat bagi sekolah sebagai mitra,komite
sekolah SMA Negeri 3 Tarakan,sangat banyak membantu memberi masukan kepada
sekolah dalam menyusun program maupun mambantu mengawasi pelaksanaan program
tersebut sehingga apa yang sudah diprogramkan dapat berjalan dengan baik.
E.
Dinas
Pendidikan Dan Kebudayaan
Peran serta dinas pendidikan dan kebudayaan kota Tarakan dalam penyelenggaraan
pendidikan yang baik di SMA Negeri 3 Tarakan sangat dirasakan misalnya dengan
diadakannya pelatihan,monitoring,dan evaluasi kinerja pendidik maupun tenaga
kependidikan,sehingga lebih memperbaiki kekurangan – kekurangan yang ada .
F.
Asosiasi
Profesi
Asosiasi profesi yang ada baik di
sekolah seperti MGMPS maupun di tingkat kota/propinsi seperti MGMP ,manfaatnya
sangat dirasakan oleh pendidik di SMA Negeri 3 Tarakan,.karena melalui wadah
tersebut para pendidik dapat bertukar pikiran tentang hal-hal yang berkaitan
dengan administrasi yang harus disiapkan maupun kesulitan – kesulitan materi pembelajaran
yang dialami pada saat pembelajaran.
G.
Kerja
sama Sekolah
1. Kerjasama
dengan orang tua
Kerjasama dengan orang tua peserta didik
dilaksanakan melalui komite sekolah .ada
lima peran orang tua dalam pengembangan sekolah,yaitu sebagai :
a) .donatur
dalam menunjang kegiatan dan sarana sekolah,namun belum berjalan optimal
mengingat kondisi ekonominya
b) .mitra
sekolah dalam pembinaan pendidikan
c) .mitra
dalam membimbing kegiatan peserta didik
d) dmitra
dialog dalam peningkatan kualitas
pendidikan; dan
e) ,sumber
belajar
2.Kerjasama dengan Alumni
Kerjasama antara sekolah dengan alumni
belum dapat digali secara maksimal mengingat SMA Negeri 3 Tarakan baru
meluluskan 7 angkatan.
F.Prestasi
yang Pernah Di capai/di raih
Prestasi yang diraih
oleh SMA Negeri 3 Tarakan sudah sangat banyak,sejak berdirinya sekolah ini,para
siswa sudah diarahkan untuk dapat mengukir prestasi setinggi-tingginya baik
dalam bidang akademik maupun dalam bidang non akademik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar